Tips Membeli Barang Elektronik dan IT di Singapura

Secara umum, harga barang elektronik (seperti iPod, kamera digital) dan peralatan IT (seperti komputer) impor di Singapura lebih murah dibandingkan di Indonesia. Hal ini karena pajak impor ke Singapura lebih murah dibandingkan ke Indonesia. Selain itu, Singapura juga merupakan hub pemasaran banyak produk-produk elektronik dan IT, sehingga banyak barang elektronik dan IT yang diimpor ke Indonesia melalui Singapura.

Ada dua tempat utama di Singapura dimana kita bisa mencari barang-barang elektronik dan IT: Sim Lim Square dan Funan the IT Mall. Disanalah kebanyakan toko-toko elektronik di Singapura berkumpul. Selain itu, barang-barang elektronik dan IT juga bisa dibeli di toko-toko seperti Courts, Best Denki, dan Harvey Norman yang banyak tersebar di seluruh pelosok Singapura.

Setiap barang elektronik dan IT mempunyai harga retail resmi (RRP – recommended retail price). Toko-toko di Funan the IT Mall, juga Courts, Best Denki dan Harvey Norman biasa menjual semua barang elektronik dan IT dengan harga RRP tersebut, kecuali jika toko-toko tersebut sedang mengadakan sale. Harga RRP di Singapura biasanya lebih murah dibandingkan harga RRP di Indonesia.

Berbeda dengan toko-toko tersebut, toko-toko di Sim Lim Square kadang bisa menjual harga barang elektronik dan IT lebih rendah dibandingkan harga RRP. Mirip lah seperti toko-toko di Glodok yang kadang bisa menjual harga barang dibawah harga RRP seperti yang dijual di Agis Superstore, misalnya. Bedanya, biasanya toko-toko di Sim Lim Square tidak menaruh tag harganya, jadi pembeli yang harus pintar-pintar menawar.

Salah satu tips untuk modal menawar di Sim Lim Square adalah dengan mengetahui harga resmi RRP dari barang yang bersangkutan. Jadi, sebelum datang ke Sim Lim, sebaiknya kita mendatangi dulu toko-toko seperti Courts dan Best Denki, dan survey dulu harga dari barang yang akan kita beli. Tentukan merk dan tipe dari barang yang akan kita beli, teliti spesifikasinya, dan cek harganya. Beberapa produk biasanya menyediakan aksesori tambahan yang sudah termasuk ke dalam harga resmi RRP, catat semua aksesori tersebut. Kadang, harga resmi RPP tersebut bisa kita cek di website Courts atau di website produk yang bersangkutan, misalnya website Sony Style untuk harga-harga produk Sony.

Berbekal informasi tersebut, baru kita mendatangi toko-toko di Sim Lim Square, dan mulai menawar dan mencari toko yang bisa memberikan harga termurah untuk produk yang kita inginkan. Beberapa tips:

  1. Jangan membeli merk atau tipe/model lain yang ditawarkan oleh pembeli, yang berbeda dari produk yang kita inginkan dan yang kita sudah survey, apalagi jika kita belum mengetahui harga resmi RRP dari tipe/model yang lain tersebut. Kalaupun kita ingin membeli tipe/model lain tersebut, survey dulu harga RRP-nya.
  2. Tanyakan apakah harga yang diberikan oleh penjual sudah termasuk GST (Goods and Services Tax) atau belum. Banyak penjual yang memberikan harga sebelum GST pada waktu tawar menawar, dan baru memberitahu kalau harga belum termasuk GST setelah pembeli menyetujui harga tersebut. Perlu diketahui bahwa harga RRP di toko-toko besar yang saya sebutkan tadi adalah sudah termasuk GST.
  3. Pastikan bahwa semua spesifikasinya sesuai, termasuk aksesori tambahannya. Banyak penjual yang memberikan harga murah dengan mengurangi beberapa aksesori tambahannya (yang seharusnya sudah termasuk dalam harga RRP-nya), dan dia kemudian menjual kembali aksesori tambahan tersebut secara terpisah.
  4. Usahakan agar emosi tetap terkendali dan jangan sampai terpengaruh, terutama pada saat tawar menawar. Jika ada penjual yang sampai kelihatan marah-marah pada saat menawar (tipikal Singaporean :P ), tinggalkan saja dan pindah ke toko yang lain.

Secara umum, Lucky Plaza adalah tempat yang paling harus dihindari jika Anda ingin “hunting” barang elektronik dan IT. Toko-toko disana sudah terkenal suka menipu pembeli, terutama pembeli yang datang dari luar negeri. Beberapa toko disana bahkan sudah masuk daftar blacklist Singapore Tourism Board. Jadi, datanglah ke Lucky Plaza untuk mencari kamar apartemen yang murah atau mencari restoran Indonesia di Singapura (seperti Ayam Penyet Ria, Kantin Aneka, Es Teler 77 dan Ayam Bakar Ojolali), tapi bukan untuk mencari barang elektronik dan IT. :)

 

sumber : http://ip.sg.or.id/2006/12/15/tips-membeli-barang-elektronik-dan-it-di-singapura/

Install bandwidth management dengan htb tools di ubuntu

Install bandwidth management dengan htb tools di ubuntu

Kebetulan lagi ngisi kekosongan waktu, kali ini gue mau ngejelasin gimana nginstall management bandwidth di server make htb tools. kegunaan management bandwidth ini sangat penting bagi kalangan perkantoran, perguruan tinggi, isp, atau lembaga – lembaga sosial. Langsung wae lah..

1. masuk dulu di folder /usr/local/src
#cd /usr/local/src

2. download paket htb tools
#wget http://www.geocities.com/safinatuddin/HTB-tools-0.3.0a-i486-1.tgz

3. ekstrak file nya
#tar -zxvf HTB-tools-0.3.0a-i486-1.tgz

akan muncul folder etc, install, folder, sbin

4. pindahkan isi semua folder sbin nya htb tools di /sbin server

#cd /usr/local/src/sbin
#mv htb /sbin
#mv htbgen /sbin
#mv q_checkcfg /sbin
#mv q_parser /sbin
#mv q_show /sbin

5. Masuk ke folder etc nya htb tools pindahin folder htb ke /etc nya server
#cd /usr/local/src/etc
#mv htb /etc

6 hilangkan tulisan new yang ada di folder htb yang udah kita pindahin tadi
#mv /etc/htb/eth0-qos.cfg.new /etc/htb/eth0-qos.cfg
#mv /etc/htb/eth1-qos.cfg.new /etc/htb/eth1-qos.cfg

7. masuk ke folder rc.d nya di etc htb tools
#cd /usr/local/src/etc/rc.d

8. masukkan file rc.htb new ke folder init.d nya server kita dan ganti jadi rc.htb
#mv rc.htb.new /etc/init.d/rc.htb

9. chmod file rc.htb nya
#chmod 755 /etc/init.d/rc.htb

10. konfigurasi eth0-qos cfg dan eth1-qos cfg sesuai kebutuhan, kali ini gue mau jelasin untuk eth1, yaitu ip lokal kita. (contoh doang lho)
#nano /etc/htb/eth1-qos.cfg

– contoh konfigurasi –
# Pengaturan bandwidth kantorptblablabla

class kantorptblablabla {
bandwidth 1024;
limit 2048;
burst 2;
priority 1;

client bos {
bandwidth 256;
limit 512;
burst 2;
priority 1;
dst {
192.168.168.5/32;
};
};

client hotspot {
bandwidth 32;
limit 256;
burst 2;
priority 1;
dst {
192.168.168.6/32;
};
};

client sekretaris {
bandwidth 64;
limit 256;
burst 2;
priority 1;
dst {
192.168.168.7/32;
};
};

client karyawan_utama {
bandwidth 256;
limit 512;
burst 2;
priority 1;
dst {
192.168.168.11/32;
192.168.168.12/32;
192.168.168.13/32;
192.168.168.14/32;
192.168.168.15/32;
192.168.168.16/32;
192.168.168.17/32;
192.168.168.18/32;
192.168.168.19/32;
192.168.168.20/32;
192.168.168.21/32;
192.168.168.22/32;
192.168.168.23/32;
192.168.168.24/32;
192.168.168.25/32;
};
};

client karyawan_sisa {
bandwidth 256;
limit 512;
burst 2;
priority 1;
dst {
192.168.100.0/24;
};
};
};

class default { bandwidth 8; };

– berakhir diatas tulisan ini –
simpen make ctrl+x tekan y kemudian enter

ket:
– untuk boss dapet bandwidth dengan ip sendiri maksimal 512 (1:2 baca satu banding dua) artinya kalo trafic bagus dia dapat 512, tapi kalo trafic terlalu full dia dapat 256, tapi disini si boss bakalan dapet 512, soalnya limit maksimal bandwidth juga pass di setting/menej 2 mega sich.

- untuk server hotspot (misalnya kalo make hotspot) dapet bandwidth 512 (1:8).
– untuk sekretaris dapet bandwidth 256 (1:4)
– untuk karyawan utama dengan ip yang ditulis diatas dapet bandwidth 512 (1:2) disini pada karyawan utama bandwidthnya kita gunain sistem sharing..
– untuk karyawan sisa dengan ip mulai dari 192.168.100.0 – 192.168.100.255 akan dapet bandwidth 512 (1:2)

(itu management bandwidth asal aja lho, pandai-pandai kalian management lah, intinya kudu ngerti konsep ip address sama bandwidth management he, he, he..)

11. kalo udah di edit, jalankan htb tools nya
#/etc/init.d/rc.htb start_eth1

12. kalo mau lihat hasilnya jalan trafic nya bisa dilihat dengan perintah
#/etc/init.d/rc.htb show_eth1

udah ah capek, kalo ada yang kurang jelas tanya yach…. eh sedikit lagi, untuk setiap pengeditan di eth1-qos.cfg sebaiknya htb tools dimatiin dulu caranya “/etc/init.d/rc.htb stop_eth1″ (tanpa tanda kutip), kalo udah di edit baru di jalankan lagi, ok…..

salam dingin

Ubuntu Guide For Windows Users: Enable File Sharing In Ubuntu Using Samba

For Windows users setting up and sharing printers on Windows Computers, the process is simple. On Ubuntu or Kubuntu the process is also very easy. Zeroconf and print sharing let you browse the local network for available services. Both are now simple to setup and maintain requiring nothing more than checking a box to enable the feature.

This tutorial will show you how to setup and connect your Ubuntu or Kubuntu computer to a shared printer on Windows XP or Vista.

 

Creating the Printer Share On Windows

1. Make sure the Windows computer that you will share the printer from has a printer installed and is functioning.

2. Next, share the printer on your XP Computer by clicking on Start \ Settings \ Printers and Faxes.

On Vista, click on Start \ Control Panel \ Printers.

Then right click on the printer and select Properties. In the Properties window of the printer, click on the Sharing tab.

NOTE: Screen shot is from XP, and all configuration will be similar on Vista.

ubuntuptr1.png

3. Click on the Share this printer radio button and enter a Share name. Click OK when finished.

Additionally you will want to find the IP Address of your computer, by clicking Start \ Run (on both XP and Vista) and in the Run box, type cmd.

At the command prompt, type ipconfig and make a note of the IP Address.

 

Setup Printer In Ubuntu

1. Logon to your Ubuntu computer and click on System \ Administration \ Printing from the menu on the Panel.

2. In the Printers window, double click on New Printer.

3. Then in Step 1 of 3, select Network Printer for Printer Type (arrow) and select Windows Printer SMB (circled). If an Authentication windows pop-up, click Cancel until it’s disappears.

ubuntuptr2.png

Enter the IP Address (from Step 3) in the Host field, and share name of the printer (from Step 3) in the Printer field. If neccassary enter the Username and Password you use to log on to your Windows Xp computer. Click Forward to continue.

4. In Step 2 of 3, select the Manufacturer from the pull down arrow, then printer model. Make sure recommended appears in the Driver field. Click Forward to continue.

5. In Step 3 of 3, enter a Name, Description, and Location if necessary. Click Apply to finish.

The printer will now appear in the Printers window. To test, either print a document or right click on the printer, select Properties and click on the Print a Test Page button.

ubuntuptr3.png

To view the printer queue, double click on the printer.

 

Setup Printer In Kubuntu

1. Logon to your Kubuntu computer and Click on K Menu \ Settings \Printing.

2. In the Printers window, double click on New Printer.

3. Then in Step 1 of 3, select Network Printer for Printer Type (arrow) and select Windows Printer SMB (circled). If an Authentication windows pop-up, click Cancel until it’s dissappears.

ubuntuptr4.png

 

Enter the IP Address (from Step 3) in the Host field, and share name of the printer (from Step 3) in the Printer field. If neccassary enter the Username and Password you use to log on to your Windows Xp computer. Click Forward to continue.

4. In Step 2 of 3, select the Manufacturer from the pull down arrow, then printer model. Make sure recommended appears in the Driver field. Click Forward to continue.

5. In Step 3 of 3, enter a Name, Description, and Location if neccassary. Click Apply to finish.

The printer will now appear in the Printers window. To test, either print a document or right click on the printer, select Properties and click on the Print a Test Page button.

ubuntuptr5.png

 

To view the printer queue, double click on the printer.

You are now able to print in Ubuntu or Kubuntu to a shared printer in Windows. Just make sure the Windows computer is running when you want to Print. If Windows is not running the print job will remain in the queue in Ubuntu or Kubuntu until the Windows computer is back online.

Install bandwidth management dengan htb tools di ubuntu

Install bandwidth management dengan htb tools di ubuntu

Kebetulan lagi ngisi kekosongan waktu, kali ini gue mau ngejelasin gimana nginstall management bandwidth di server make htb tools. kegunaan management bandwidth ini sangat penting bagi kalangan perkantoran, perguruan tinggi, isp, atau lembaga – lembaga sosial. Langsung wae lah..

1. masuk dulu di folder /usr/local/src
#cd /usr/local/src

2. download paket htb tools
#wget http://www.geocities.com/safinatuddin/HTB-tools-0.3.0a-i486-1.tgz

3. ekstrak file nya
#tar -zxvf HTB-tools-0.3.0a-i486-1.tgz

akan muncul folder etc, install, folder, sbin

4. pindahkan isi semua folder sbin nya htb tools di /sbin server

#cd /usr/local/src/sbin
#mv htb /sbin
#mv htbgen /sbin
#mv q_checkcfg /sbin
#mv q_parser /sbin
#mv q_show /sbin

5. Masuk ke folder etc nya htb tools pindahin folder htb ke /etc nya server
#cd /usr/local/src/etc
#mv htb /etc

6 hilangkan tulisan new yang ada di folder htb yang udah kita pindahin tadi
#mv /etc/htb/eth0-qos.cfg.new /etc/htb/eth0-qos.cfg
#mv /etc/htb/eth1-qos.cfg.new /etc/htb/eth1-qos.cfg

7. masuk ke folder rc.d nya di etc htb tools
#cd /usr/local/src/etc/rc.d

8. masukkan file rc.htb new ke folder init.d nya server kita dan ganti jadi rc.htb
#mv rc.htb.new /etc/init.d/rc.htb

9. chmod file rc.htb nya
#chmod 755 /etc/init.d/rc.htb

10. konfigurasi eth0-qos cfg dan eth1-qos cfg sesuai kebutuhan, kali ini gue mau jelasin untuk eth1, yaitu ip lokal kita. (contoh doang lho)
#nano /etc/htb/eth1-qos.cfg

– contoh konfigurasi –
# Pengaturan bandwidth kantorptblablabla

class kantorptblablabla {
bandwidth 1024;
limit 2048;
burst 2;
priority 1;

client bos {
bandwidth 256;
limit 512;
burst 2;
priority 1;
dst {
192.168.168.5/32;
};
};

client hotspot {
bandwidth 32;
limit 256;
burst 2;
priority 1;
dst {
192.168.168.6/32;
};
};

client sekretaris {
bandwidth 64;
limit 256;
burst 2;
priority 1;
dst {
192.168.168.7/32;
};
};

client karyawan_utama {
bandwidth 256;
limit 512;
burst 2;
priority 1;
dst {
192.168.168.11/32;
192.168.168.12/32;
192.168.168.13/32;
192.168.168.14/32;
192.168.168.15/32;
192.168.168.16/32;
192.168.168.17/32;
192.168.168.18/32;
192.168.168.19/32;
192.168.168.20/32;
192.168.168.21/32;
192.168.168.22/32;
192.168.168.23/32;
192.168.168.24/32;
192.168.168.25/32;
};
};

client karyawan_sisa {
bandwidth 256;
limit 512;
burst 2;
priority 1;
dst {
192.168.100.0/24;
};
};
};

class default { bandwidth 8; };

– berakhir diatas tulisan ini –
simpen make ctrl+x tekan y kemudian enter

ket:
– untuk boss dapet bandwidth dengan ip sendiri maksimal 512 (1:2 baca satu banding dua) artinya kalo trafic bagus dia dapat 512, tapi kalo trafic terlalu full dia dapat 256, tapi disini si boss bakalan dapet 512, soalnya limit maksimal bandwidth juga pass di setting/menej 2 mega sich.

- untuk server hotspot (misalnya kalo make hotspot) dapet bandwidth 512 (1:8).
– untuk sekretaris dapet bandwidth 256 (1:4)
– untuk karyawan utama dengan ip yang ditulis diatas dapet bandwidth 512 (1:2) disini pada karyawan utama bandwidthnya kita gunain sistem sharing..
– untuk karyawan sisa dengan ip mulai dari 192.168.100.0 – 192.168.100.255 akan dapet bandwidth 512 (1:2)

(itu management bandwidth asal aja lho, pandai-pandai kalian management lah, intinya kudu ngerti konsep ip address sama bandwidth management he, he, he..)

11. kalo udah di edit, jalankan htb tools nya
#/etc/init.d/rc.htb start_eth1

12. kalo mau lihat hasilnya jalan trafic nya bisa dilihat dengan perintah
#/etc/init.d/rc.htb show_eth1

udah ah capek, kalo ada yang kurang jelas tanya yach…. eh sedikit lagi, untuk setiap pengeditan di eth1-qos.cfg sebaiknya htb tools dimatiin dulu caranya “/etc/init.d/rc.htb stop_eth1″ (tanpa tanda kutip), kalo udah di edit baru di jalankan lagi, ok…..

salam dingin

Remote PC dari Android menggunakan TeamViewer

Kelebihan dari Android adalah berfungsi seperti layaknya komputer/PC, mengolah kata, mengedit dokumen, jelajah web yang cepat, bermain games 3D, mendengarkan musik, bahkan memanipulasi gambar. Tapi yang paling keren adalah bisa mengontrol PC berbasis windows dari jarak jauh bahkan beratus-ratus KM jauhnya. Kok bisa? yup! android bisa melakukan hal itu, tentu dengan bantuan sebuah aplikasi bernama Teamviewer.

Aplikasi Teamviewer bisa di unduh melalui situs http://www.teamviewer.com, dan untuk  mencoba android rekan-rekan supaya bisa meremote ke PC Windows, ikuti cara ini :

1. Unduh teamviewer versi 6 untuk windows (klik disini)

2. Unduh teamviewer versi 6 untuk android (klik disini)

3. Instal kedua-duanya pada windows dan android phone anda.

4. Buka dan jalankan teamviewer di komputer yang terhubung dengan internet, maka tampilannya seperti ini

di aplikasi teamviewer tertera ID dan password, tiap komputer berbeda-beda user ID dan passwordnya. Maka ID dan password ini kemudian di catat dan akan di masukkan ke teamviewer android.

4. Buka teamviewer di android, tapi syaratnya androidnya harus dalam keadaan terhubung internet (disarankan menggunakan paket internet unlimited biar gak jebol pulsanya), maka tampilan teamviewer di android seperti dibawah ini :

User ID dan password yang dicatat dari teamviewer windows kemudian di masukkan ke aplikasi teamviewer android. Jika sudah, tekan Connect to partner.

5. Jika sudah terhubung, maka PC Windows anda sudah dapat dikendalikan untuk tujuan apapun dan apa yang tampak di windows akan muncul di layar android.

Silakan mencoba :)

Tutorial mengaktifkan Flash Player 9 di Spica

Agar adobe flash player versi 9 bisa diinstal, Spica sebelumnya sudah di root (baca arsip sebelumnya bagaimana cara nge-root atau download tutorial cara rooting + flash ke samdroid - spicaonly)

Dan sebelum melangkah ke step selanjutnya, perlu ada ADB di windows. Klik sini untuk cari tau tentang penggunaan ADB shell.

Setelah positif HH sudah di root dan pastikan di terminal ADB Shell, ketik :

<c:>adb shell

*daemon not running. starting it now*

*daemon started succesfully*

$su

#   ———>> kalau sudah keluar tanda “#” pagar berarti sudah ada akses superuser/administrator, dan HH sudah root.

langkah selanjutnya :

1.  download file berikut flashplayer_lib_app.zip (klo tidak bisa buka/didownload, daftar dulu jadi user di forum.samdroid.net dan ulangi downloadnya)

2. extract file zip tersebut, copykan folder app dan lib ke SDCARD, jangan dimasukkan ke dalam subfolder tapi diluar saja.

3. kalo file2nya sudah di copy ke sdcard, ketik atau copy paste command2 berikut ke adb shell :

(ingat…. ketik atau copy paste command nya jangan sampe ada yg salah ketik/copy ya, nanti flashnya ga jalan. ulangi lagi klo salah)

oke, mulai ketik….

su
remount rw
cat /sdcard/lib/libflashlite_jni.so > /system/lib/libflashlite_jni.so
cat /sdcard/lib/libflashlitepackage.so > /system/lib/libflashlitepackage.so
cat /sdcard/lib/libflashliteplugin.so > /system/lib/libflashliteplugin.so
cat /sdcard/app/FlashPlugin.apk > /system/app/FlashPlugin.apk
cat /sdcard/app/FlashSVGPlayer.apk > /system/app/FlashSVGPlayer.apk
cd /system/lib/
chmod 644 libflashlite_jni.so
chmod 644 libflashlitepackage.so
chmod 644 libflashliteplugin.so
remount ro
reboot

cara lain yang lebih ringkas:

1. su

remount rw

cp /sdcard/lib/* /system/lib/

cp /sdcard/app/* /system/app/

remount ro

2. buka folder sdcard/app menggunakan estrong file manager / root explorer

instal file  FlashSVGPlayer.apk

instal file FlashPlugin.apk

tekan ok klo minta replace system application.

Cara lain yg ringkas juga dengan menggunakan root explorer :

1. Copy semua file di folder /sdcard/lib ke /system/lib, lalu set permissionnya disamakan dengan permission file2 yang ada di folder /system/lib

2. Copy semua file di folder /sdcard/app ke /system/app, lalu set permissionnya disamakan dengan permission file2 yang ada di folder /system/lib

3. buka folder sdcard/app menggunakan estrong file manager / root explorer

instal file  FlashSVGPlayer.apk

instal file FlashPlugin.apk

tekan ok klo minta replace system application.

Kemudian HH  direstart, setelah itu flash player 9 akan berfungsi. Untuk ngetest jalan atau belum, bisa ngetest kunjungi situs http://www.fantastic-vpn.com atau http://music.detikhot.com/radio kalau suara dan animasinya keluar, berarti rekan-rekan sudah sukses instal flashnya….. Selamat mencoba!

Salam,

Tutorial Upgrade Spica ke FroYo Menggunakan CyanogenMod 6.1

Untuk anda yang menginginkan upgrade resmi FroYo buat ponsel Spica anda, sayangnya itu hanya impian belaka. Karena Samsung tidak menyediakan upgrade resmi FroYo (2.2) untuk Spica. Tapi jangan khawatir. Bukan berarti pengguna Spica tidak bisa menikmati si yoghurt dingin, lho! Ada beberapa Custom ROM yang bisa digunakan sehingga bisa memaksimalkan fungsi ponsel ini. Step-stepnya begini :

  1. Upgrade firmware Spica ke i570EXXJD1. Tutorialnya ada di http://tutorial.robotijo.org/tutorial-lengkap-upgrade-spica-ke-samdroidmod/
  2. Upgrade ke LK2.08. http://forum.samdroid.net/f55/lk2-08-original-firmwares-root-new-superuser-wifi-tether-bb-12-07-2010-a-1193/ anda tidak perlu menggunakan LK2.02-1 seperti di tutorial sebelumnya, koq.
  3. Upgrade ke Custom ROM CyanogenMod 6.1.1-Spica-Alpha8.1. bisa dibaca-baca dan unduh di http://forum.samdroid.net/f53/cyanogenmod-6-1-1-spica-alpha8-1-a-3511/

Lalu, caranya akan saya skip point 1, karena sudah ada di tutorial upgrade Spica sebelumnya. :) Kita langsung upgrade ke LK2.08 saja. Setelah file nya diunduh, buka kembali ODIN anda, lalu :

  • Masukkan i5700_LK2-08_PDA.tar dari i5700_LK2-08_PDA.7z yang sudah diekstrak ke kolom PDA,
  • Centang Debug Only saja,
  • Klik START, dan biarkan prosesnya berjalan sampai PASS,
  • Tutup ODIN, eject SPICA.

Sampai sini, prosesnya belum selesai. Anda baru mendapatkan ponsel Spica yang sudah di-root menggunakan LK2.08 saja, dengan Recovery Mode yang lebih banyak pilihan menunya dibanding LK2.02-1. Lalu, anda harus menyiapkan MicroSD minimal 1Gb untuk apply CyanogenMod 6.1.1Alpha8.1 ini. Cara apply nya :

  • Masukkan file CM-6.1.1-Spica-a8.1_update.zip ke MicroSD anda, namun JANGAN diletakkan didalam folder. Silahkan dicek apakah file nya korup atau tidak. Besarnya sekitar 75.41 MB.
  • Masuk ke Recovery Mode di ponsel Spica anda, dengan menekan kombinasi Volume Down + Call + Power Off dalam keadaan ponsel mati.
  • Pilih menu Apply Any Zip From SD, dan pilih file diatas, klik saja.
  • Prosesnya akan berjalan sampai sukses, namun jika gagal, cabut baterai ponsel anda dan ulangi dari awal.
  • Jika sukses, masuk ke menu Wipe.. lalu pilih Wipe Data/Cache (Factory Reset) untuk menghapus semua data anda.
  • Masuk ke system, dan biarkan logo CyanogenMod berputar2 beberapa saat di layar ponsel anda. Reboot 2-5 kali tidak masalah. Biarkan saja.
  • Setelah masuk ke system, cek About Phone di ponsel anda.

Setelah sukses semua, silahkan cek di Settings -> About Phone :

  • Android Version : 2.2.1
  • Baseband Version : i570EXXJD1
  • Kernel Version : 2.6.29.6 root@i5700-dev-criminal #55
  • Mod Version : CyanogenMod-6.1.1-Spica-alpha8.1
  • Build Number : K/Criminal.r6

Selamat mencoba! :)

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.