Masalah Pada Tidur anda

Punya masalah dengan tidur anda? Meski sudah sejam bergulang-guling di tempat tidur, anda tetap saja tidak bisa memejamkan mata dan tertidur pulas. Kalaupun akhirnya anda tertidur, anda ‘hanya ‘ bisa tidur selama beberapa jam saja, kurang dari waktu yang seharusnya. Ujung-ujungnya, karena waktu tidur anda kurang, kondisi andapun menjadi kurang fit.

Bila anda sering mengalami masalah dengan waktu tidur, tips berikut mungkin berguna, bagaimana biar anda bisa cepat tidur, sehingga anda tidak harus “menunggu lama” hanya untuk menanti mata terpejam dan anda pun tertidur pulas.

> Rileks

Untuk membantu anda bisa tertidur dengan cepat, cobalah untuk rileks dan tidak mengingat-ingat semua kejadian yang anda alami hari ini. Jangan khawatir dengan apa yang telah dan akan terjadi dengan hidup anda. Karena semua kekhawatiran tersebut, hanya akan membuat “tertekan” dan akhirnya andapun menjadi susah untuk tertidur. Untuk menambah rasa rileks anda, cobalah untuk membaca buku yang ringan-ringan, misal novel, majalah dll.

> Ciptakan Ritme Tidur yang teratur

Sangat penting sekali, ciptakan waktu tidur yang sama setiap hari, meskipun pada hari libur. Kalau anda terbiasa tidur jam 11 malam, cobalah untuk mentaati waktu tersebut setiap harinya. Sehingga tubuh andapun menjadi terbiasa. Orang banyak mengalami masalah tidur, karena mereka tidak mempunyai ritme tidur yang teratur. Bila pada malam Minggu anda memaksa begadang dan tidur jam 3 subuh, jangan mengherankan bila pada malam senin yang nota bene besoknya anda harus kerja, anda akan susah tidur, karena tubuh anda akan mencoba “menyesuaikan” dengan waktu tidur sebelumnya.

> Ingatlah, Kasur Anda hanya untuk Tidur

Camkan dalam diri, bahwa kasur anda bukanlah tempat untuk mengerjakan tugas atau tempat untuk menonton. Kasur anda adalah tempat untuk anda tidur atau bermain “romantic games” dengan pasangan anda.

> Berolahraga secara teratur

Olahraga yang teratur akan membantu anda untuk bisa tertidur dengan cepat. Dengan olahraga yang teratur pula tubuh anda akan fit dan sehat. Tapi yakinkan, untuk “menyelesaikan” olahraga anda 3 jam sebelum waktu tidur anda.

> Perhatikan apa yang anda makan dan minum

Bila anda sering minum kopi yang mengandung caffein, jangan mengherankan bila kemudian anda akan kesulitan untuk tidur. Karena itu perhatikanlah apa yang anda makan dan minum.

> Ciptakan Kamar tidur yang aman dan nyaman

Untuk membantu  anda agar bisa cepat tertidur, paling tidak kamar tidur anda harus ‘gelap’ dengan sirkulasi udara yang baik. Jangan sampai kamar tidur terang benderang yang hanya akan mempersulit anda untuk tidur.

> Jangan tertidur di siang hari!

Tertidur di siang hari, meskipun sebentar, hanya akan mempersulit anda untuk bisa tidur dengan cepat di malam hari. Karena itu sebisa mungkin hindari tidur pada siang hari. tapi sebenernya itu suges aj bro.. intinya klo lu mu tidur baca doa aj sm bnyak2 dzikir intinya niat.

> Hubungi Dokter

Bila setelah melakukan beberapa upaya diatas, anda masih juga kesulitan untuk tidur. Mungkin sudah saatnya anda menghubungi dokter untuk mendapatkan terapi dan pertolongan yang akan membantu anda memecahkan masalah dengan kebiasaan tidur anda yang tidak normal.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: