Apps2SD Android 2.1 Eclair Galaxy Spica

Informasi ini adalah bagian dari informasi terdahulu, yaitu tentang root Android 2.1 Galaxy Spica. Di sini, khusus hanya menghinformasikan tentang Apps2SD, yaitu menginstall aplikasi pada memory card untuk Android 2.1 Eclair untuk ponsel Galaxy Spica. Harapannya dengan adanya Apps2SD ini, semua aplikasi dan games tambahan yang kita install di ponsel Galaxy Spica tidak tersimpan di memory internal tetapi di memory card, jadi ruang memory internet tetap lega dan kita bisa menginstall banyak aplikasi dan games sesuai partisi sesuai kapasitas memory card yang kita siapkan.

Dalam contoh ini, saya menggunakan ponsel Galaxy Spica yang udah diroot dengan dan diupdate menggunakan SamdroidMod Kitchen v2 (SamdroidMod version 1.3.1 deodexed [XXJH1], Kernel LK2.09.6 Multitouch on/off) ditambah Frozen Eclair versi 9. Untuk temen-temen yang ingin menggunakan file update SamdroidMod Kitchen v2 seperti yang saya gunakan bisa mendownload di sini. Memory card yang saya gunakan adalah Transcend 1GB.

Untuk memulai proses Apps2SD, matikan ponsel dan nyalakan kembali masuk ke mode Recovery (tekan tombol power bersamaan dengan tombol volume bawah dan tombol Call). Dalam mode Recovery kita masuk ke Partition sdcard (1) dan pilih Delete second partition (2), tekan tombol Home untuk mengkonfirmasi proses penghapusan partisi. Jika sebelumnya memory card belum pernah membagi partisi untuk aplikasi, kita bisa langsung masuk ke langkah (3).

Setelah second partition dihapus, selanjutnya kita masuk kembali ke Partition sdcard (3), dan tentukan partisi untuk aplikasi (ext2) (4), pilih salah satu dari pilihan yang tersedia (256, 384, 512, 786, atau 1024), di sini saya pilih 256M, tekan tombol Home untuk mengkonfirmasi.

Setelah second partition selesai diformat, selanjutnya kita masuk ke Wipe, choose what (5) dan pilih Wipe data/cache (Factory reset) (6). Terakhir pilih Reboot system now [Home+Back] untuk melakukan restart ponsel Android kita dan tunggu sampai proses restart selesai (waktu yang dibutuhkan untuk reboot pertama ini lumayan lama).

Tahap berikutnya adalah mengarahkan aplikasi yang akan kita install ke second partition (ext2) yang telah kita buat tadi. Untuk memulainya kita masuk ke Samdroid Tools dan pilih Apps2sd settings (7), di sini kita centang pilihan Enable Apps2sd dan Move dalvik-cache to SD (8), jadi seluruh aplikasi dan Dalvik-cache tersimpan di memory card semuanya. Tekan tombol Back untuk kembali ke menu utama Samdroid Tools, perhatikan space yang tersisa pada SD card (for apps2sd) dan Internal storage, di sini nilai yang ditampilkan masih belum benar, untuk itu kita lakukan reboot sistem terlebih dahulu dengan memilih Reboot (9) dan pilih Reboot system (10).

Setelah reboot selesai, kita kembali ke Samdroid Tools, sekarang kita lihat sisa space SD card (for apps2sd) dan Internal storage (11) dan bandingkan dengan sebelum kita reboot tadi.

Sekarang sisa untuk memory internal sudah bertambah, termasuk juga sisa di memory card untuk apps2sd. Untuk selanjutnya jika kita menginstall aplikasi atau game, secara otomatis space yang berkurang adalah bagian SD card (for apps2sd) sebesar aplikasi yang kita install, jika nantinya Internal storage berkurang itu wajar, karena sebagian cache masih tersimpan di memory internet dan jumlahnya juga tidak terlalu banyak. Sebagai contoh, di memory card saya yang 4GB tersimpan lebih dari 50 aplikasi (total lebih dari 150M), space tersisa di sd card 308.987 KB dan di internal 167.164 KB.

Nah, itu tadi informasi tentang Apps2SD untuk Android 2.1 rooted pada ponsel Samsung Galaxy Spica, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: