Meningkatkan Kinerja Android 2.1 Eclair pada Samsung Galaxy Spica dengan Frozen Eclair

Bagaimana cara mengetahui kecepatan Android 2.1 pada Samsung Galaxy Spica? Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan melakukan benchmark menggunakan aplikasi Linpack for Android yang bisa didownload melalui market. Coba lakukan tes dengan mengklik Run Benchmark.

Tulis hasilnya, untuk mengetahui perbedaan setelah nanti kita lakukan modifikasi pada Android 2.1.

Untuk meningkatkan kinerja dari Android 2.1 kali ini kita memanfaatkan Samdroid Turbo yang dikembangkan oleh Antibyte yang diberi nama Frozen Eclair. Informasi detil dari Frozen Eclair ini dapat dibaca di SamdroidForum. Untuk bisa menggunakan Frozen Eclair ini, pastikan Samsung Galaxy Spica kita sudah di root, dan kita sudah mengupdate melalui Samdroid Kitchen v.2 untuk multitouch (disarankan).

Untuk memulainya kita memerlukan file Frozeneclair_7.zip (Frozen Eclair versi 7) yang bisa didownload di SamdroidForum (register terlebih dahulu) atau bisa didownload di sini. Copy file Frozeneclair_7.zip di root memory card.

Seperti biasa, untuk menjalankan file Frozeneclair_7.zip kita masuk ke mode Recovery (tombol volume bawah, tombol dial, dan power ditekan bersamaan). Selanjutnya kita masuk ke Apply any zip from SD, dan pilih file Frozeneclair_7.zip yang telah kita copy tadi, tekan tombol Home untuk melanjutkan dan tunggu hingga proses update selesai. Setelah selesai, reboot system. Jika berhasil maka pada startup awal akan ada tulisan Turbo pada startup logo Samdroid.

Sampai di sini proses update Frozen Eclair sudah selesai. Untuk melihat hasilnya, kita bisa mencoba lagi menjalankan Linpack for Android, dan bandingkan hasilnya dengan tadi sebelum kita update.

Saya sendiri melakukan benchmark dan hasil yang saya peroleh adalah seperti di atas 8,984 (sebelum saya update nilai yang saya peroleh adalah 4,xxx). Dari sini dapat dilihat bahwa kecepatan Android di Samsung Galaxy Spica meningkat 2x lipat.

Efek lain dari update Frozen Eclair ini selain Android berjalan lebih cepat, adalah tingkat konsumsi baterei lebih hemat dibandingkan sebelumnya. Selain itu sistem terasa lebih stabil, karena adanya perbaikan-perbaikan dalam sistem Android sebelumnya. Berdasarkan informasi yang ada, efek samping dari Frozen Eclair ini adalah adanya beberapa aplikasi terutama game yang mungkin tidak bisa dijalankan dengan baik.

Jika kita ingin menghilangkan atau menghapus Frozen Eclair ini, kita bisa melakukan update dengan Samdroid Kitchen v.2 yang telah saya informasikan sebelumnya. Jadi jika kita mengupdate Galaxy Spica kita dengan Samdroid Kitchen v.2 tersebut, otomatis Frozen Eclair yang telah kita install akan terhapus, dan kita harus mengupdate kembali jika kita ingin menggunakannya.

Penting:

Merubah dan memodifikasi system Android beresiko merusak ponsel Galaxy Spica Anda, jangan melakukan modifikasi jika Anda ragu-ragu. Jika terjadi kesalahan dan kerusakan pada ponsel Galaxy Spica Anda, maka itu menjadi tanggung jawab sendiri.

Referensi: forum.samdroid.net (thanks to Antibyte)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: