Root Android 2.1 Eclair pada Samsung Galaxy Spica GT I5700

Informasi berikut adalah tentang cara melakukan root pada ponsel Samsung Galaxy Spica GT-I5700 yang telah menggunakan Android versi 2.1 Éclair. Manfaat dari root Android 2.1 adalah kita bisa mengakses file sistem dari android itu dan kita bisa menginstall aplikasi yang membutuhkan akses ke file sistem android, seperti misalnya Root Explorer, drocap2, Titanium Backup. Selain itu dengan Android 2.1 yang sudah diroot, kita bisa menginstall aplikasi di memory card menggunakan Apps2SD (sama seperti fitur dari Android 2.2 Froyo). Menu dan fitur baru yang muncul pada Android 2.1 rooted ini sendiri adalah: Live Wallpaper, Wireless Tether, Superuser Permissions.

Perhatian: Silakan baca sampai akhir jika ragu sebaiknya jangan melakukan proses root pada Samsung Galaxy Spica Anda, karena proses ini bisa beresiko merusak ponsel. Jika terjadi kesalahan dan kerusakan menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Sebelum melakukan proses root, pastikan semua program telah diuninstall, dan semua data telah dibackup (foto, video, dan data lain yang ada di dalam memory card), karena nantinya kita akan mempartisi dan memformat memory card menjadi 2 partisi (satu partisi untuk menyimpan program, dan partisi lain untuk menyimpan data). Selain itu pastikan juga pattern dan password pada Samsung Galaxy Spica sudah kita nonaktifkan.

Samsung Galaxy Spica yang saya root telah menggunakan Android versi 2.1 (buat temen-temen yang masih menggunakan versi 1.5, saya sarankan untuk melakukan update melalui Service Center Samsung).

Setelah data kita backup, kita siapkan software yang dibutuhkan, di sini saya gunakan Odin v4.03 yang bisa didownload di sini untuk melakukan root dan file root update i5700_LK2-08_PDA.7z yang bisa didownload di sini atau di sini. Selain kedua file tersebut tentunya kita install juga driver kabel data usb yang ada pada cd dalam paket penjualan Samsung Galaxy Spica.

Jika semua sudah siap, kita mulai dengan mengekstrak file Odin_v4.03_spica_jc3_ops.rar yang berisi file Odin Multi Downloader v4.03.exe dan spica_jc3.ops, kemudian untuk file i5700_LK2-08_PDA.7z diekstrak (i5700_LK2-08_PDA.tar) dan simpan satu folder dengan Odin Multi Downloader v4.03.exe dan spica_jc3.ops. Selanjutnya di sisi Galaxy Spica kita masuk ke menu Settings, centang pilihan Unknown sources, kemudian masuk ke submenu Development, di sini kita centang pilihan USB debugging.

Proses Rooting

Sekarang kita jalankan Odin Multi Downloader v4.03.exe, pada bagian Option kita centang pilihan Reboot, Protect OPS, dan Reset Time 300. Sedangkan untuk OPS kita buka dan pilih file spica_jc3.ops dan bagian PDA kita buka dan pilih file i5700_LK2-08_PDA.tar.

Matikan Samsung Galaxy Spica (memory card dan simcard bisa dilepas terlebih dahulu) dan nyalakan kembali dengan menekan tombol bawah volume, tombol kamera, dan tombol power bersamaan untuk masuk ke mode Download.

Setelah itu kita hubungkan ponsel dengan PC/laptop dan tunggu hingga Odin mendeteksi ponsel. Setelah terdeteksi, kita bisa memulai proses root dengan mengklik Start, dan tunggu sampai proses root selesai (ditunjukkan dengan progress bar warna hijau pada COM Port Mapping dan pada panel message Odin akan muncul tulisan PASS), otomatis ponsel akan melakukan reboot. Lepas kabel usb dan tutup Odin, setelah ponsel melakukan reboot, matikan ponsel dan pasang kembali simcard dan memory card (jika kita melepasnya sebelum melakukan proses root).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: